Selasa, 14 Juni 2011

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan


Nama lain dari bawang merah : Bawang abang mirah (Aceh); Pia (Batak); Bawang abang (Palembang); Bawang sirah, Barambang sirah, Dasun merah (Minangkabau); Bawang suluh (Lampung); Bawang beureum (Sunda); Brambang, Brambang abang (Jawa); Bhabang mera (Madura); Jasun bang, Jasun mirah (BaIi); Lasuna mahamu, Ransuna mahendeng, Yantuna mopura, Dansuna rundang, Lasuna randang, Lansuna mea, Lansuna Raindang (Sulawesi Utara); Bawangi (Gorontalo); Laisuna pilas, Laisuna mpilas (Roti); Kalpeo meh (Timor); Bowang wulwul (Kai); Kosai miha; Bawa rohiha (Ternate); Bawa kahori (Tidore). nama asing: nama simplisia Cepae Bulbus; Umbi lapis Bawang Merah.

Bawang merah atau Brambang (Allium ascalonicum) adalah tanaman semusim dan memiliki umbi yang berlapis. Tanaman mempunyai akar serabut, dengan daun berbentuk silinder berongga. Umbi dari tanaman bawang merah merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Selain dimanfaatkan untuk bumbu dasar masakan ternyata tanaman yang umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu ini bermanfaat juga untuk kesehatan.

Beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan adalah :
1.      Batuk
Bahan : Umbi bawang merah 4 gram, daun poko segar 4 gram, daun sembung segar 3 gram, herba pegagan segar 4 gram, buah adas 2 gram dan air 125 ml.
Cara pembuatan: Dipipis, dibuat infus atau pil. Cara pemakaian: Diminum sehari 1 kali, pagi hari 100 ml.

2.      Kencing Manis
Bahan : Umbi bawang merah (dirajang) 4 gram, buah buncis (dirajang) 15 gram, daun salam (dirajang) 10 helai dan air 120 ml.
Cara pembuatan: Dibuat infus. Cara pemakaian: Diminum sehari 1 kali 100 ml.

3.      Demam dan Perut Kembung pada Anak-anak
Bahan : Umbi bawang merah (potong tipis) secukupnya, minyak kelapa secukupnya, minyak kayu putih secukupnya.
Cara pembuatan: Diremas-remas. Cara pemakaian: Minyak tersebut dioleskan pada perut yang kembung, seluruh badan, kaki, dan tangan pada anak yang demam.

Demikian beberapa manfaat dari bawang merah yang bisa kita manfaatkan sebagai alternatif pengobatan dan bisa kita lakukan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar