Rabu, 15 Juni 2011

Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan


Nama lain dari pala adalah : Simplisia Myristicae Arillus, Macis; Kembang Pala (selubung biji buah) Myristicae Semen; Biji Pala. Myristicae fructus Cortex; Kulit buah Pala.

Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Biji pala sudah terkenal sampai ke penjuru eropa sejak zaman Romawi. Banyak sumber yang mengatakan bahwa buah pala merupakan komoditi perdagangan yang sangat penting pada saat itu. Hal ini menunjukkan bahwa buah yang berbentuk lonjong seperti lemon berwarna kuning ini memiliki keistimewaan. Ternyata buah ini selain dijadikan penyedap masakan dan pengawet alami pada makanan dapat pula di jadikan sebagai bahan obat.

Berikut ini Beberapa manfaat Buah Pala untuk pengobatan :
1.      Pereda Sakit Perut
Senyawa alami yang terkandung dalam buah pala ini berkhasiat membantu kelancaran saluran pencernaan, tidak heran sejak dulu pala sudah di kenal untuk mengatasi masalah diare, perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.
2.      Pereda Sakit Gigi
Zat yang terkandung dalam minyak pala membantu memerangi bakteri dalam mulut yang menyebabkan gigi berlubang. Untuk mengurangi rasa sakit pada gigi/gusi, oleskan beberapa tetes minyak pala pada gusi yang sakit sambil dipijat.

3.      Penghilang Jerawat
Tumbuk buah pala sampai halus lalu campurkan dengan susu whole milk , aduk hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada bagian wajah yang bermasalah, diamkan beberapa menit, lalu bersihkan wajah seperti biasa.

4.      Sebagai Obat tidur
Untuk mengatasi masalah tidur, tuangkan sedikit pala bubuk pada segelas susu hangat, lalu minum.

Wah ternyata selain enak untuk bumbu masakan ternyata pala juga berkhasiat untuk banyak masalah kesehatan. Ayo kita manfaatkan kekayaan alam Indonesia untuk hal yang bermanfaat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar