Kamis, 16 Juni 2011

Manfaat Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) Untuk Kesehatan


Nama lain mahkota dewa : Simalakama (Melayu), makutadewa, makuto mewo, makuto ratu, makuto rojo (Jawa). Nama asing - nama simplisia Phaleriae Fructus (buah mahkota dewa)

Mahkota dewa merupakan tanaman yang sangat dikenal dalam dunia kesehatan, dari penelitian yang dilakukan ternyata buah yang berasal dari Papua/ Irian jaya ini memiliki zat-zat aktif seperti koloid yang dapat menetralisir racun, anti bakteri dan anti virus, melancarkan peredaran darah, dan mengandung zat anti histamine yang ermanfaat sebagai anti alergi. Tidak hanya di Papua ternyata tanaman yang tidak terlalu tinggi dan memiliki bah berwarna merah ini dapat hidup subur di daerah lain di Indonesia.

Beberapa khasiat dari tanaman mahkota dewa adalah untuk :
1.      Hepatitis
Campur 5 gram daging buah mahkota dewa kering dengan 15 gr pegagan, 10 gr sambiloto kering dan 15 gr daun dewa, cuci bersih semua bahan, lalu rebus semua bahan dalam 5 gelas air, biarkan rebusan hingga air tersisa 3 gelas, selanjutnya saring air rebusan, tunggu sampai dingin dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

2.      Diabetes mellitus (Kencing Manis)
Ambil 5-6 buah mahkota dewa, iris dan cuci bersih, lalu rebus bahan dalam 5 gelas air, biarkan rebusan hingga air tersisa 3 gelas, selanjutnya saring air rebusan, minum 3 kali sehari (masing-masing 1 gelas).

3.      Kanker dan Tumor
Campur 5 gram daging buah mahkota dewa kering dengan 15 gr temu putih, 10 gr sambiloto kering dan 15 gr cakar ayam kering, cuci bersih semua bahan, lalu rebus semua bahan dalam 5 gelas air, biarkan rebusan hingga air tersisa 3 gelas, saring air rebusan, tunggu sampai dingin dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. Ramuan diminum 1 jam sebelum makan

4.      Asam Urat
Campur 5 gram daging buah mahkota dewa dengan 15 gr akar sidaguri, 10 gr sambiloto kering, cuci bersih semua bahan, lalu rebus semua bahan dalam 5 gelas air, biarkan rebusan hingga air tersisa 3 gelas, lalu saring air rebusan, tunggu sampai dingin dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. Ramuan diminum 1 jam sebelum makan.

Begitu banyak manfaat dari tanaman mahkota dewa ini, betapa bermanfatnya halaman rumah kita bila ada tanaman yang satu ini. Dengan bentuk dan warna buah yang menarik tanaman ini bisa juga dijadikan tanaman hias yang bermanfat untuk obat tradisional. Semoga artikel di atas dapat bermanfat untuk para pengunjung.

2 komentar:

  1. mahkota dewa ternyata bisa menyembuhkan diabetes melitus, makasih infonya.

    BalasHapus