Selasa, 14 Juni 2011

Manfaat Beluntas Untuk Kesesehatan


Nama lain dari Beluntas : Beluntas (Indonesia), Luntas (Jawa), Baluntas (Madura); Baluntas, Baruntas (Sunda), Lamutasa (Makasar); Beluntas (Sumatra), Lenaboui (Timor); Luan Yi (China).

Beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut. Umumnya tumbuhan ini ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar, tingginya bisa mencapai 3 meter apabila tidak dipangkasPohon yang biasa di gunakan untuk pagar ini ternyata memiliki daun yang mengandung alkaloid, tannin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium, dan fosfor. Sedangkan akarnya mengandung flafonoida dan tannin. Daun beluntas berbau khas aromatis dan rasanya getir dan menyegarkan. Karena begitu banyak zat yang terkandung dalam tanaman ini membuat tanaman ini sering di jadukan sebagai tanaman obat.

Beberapa khasiat beluntas yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan antaralain :
1.      Gangguan pencrnaan pada anak-anak:
Daun dicampurkan pada bubur saring/nasi tim.

2.      TBC kelenjar leher:
Extra batang dan daun beluntas, extra gelatin dari kulit sapi, Laminaria japonica (rumput laut). Bahan-bahan ini ditim sampai lunak, lalu dimakan.

3.      Nyeri rheumatik:
15 gr akar beluntas, direbus, minum.

4.      Menghilangkan bau badan:
Sebagai lalap.

5.      Peluruh keringat, menurunkan panas
Daun direbus, atau diseduh sebagai teh, minum.

Demikian beberapa khasiat dari beluntas yang bisa kita manfaatkan dirumah sebagai pengobatan alternatif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pengunjung.

1 komentar: