Rabu, 15 Juni 2011

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan


Nama lain Kencur antara lain : Kencur (Indonesia, Jawa), Cikur (Sunda), Ceuko (Aceh); Kencor (Madura), Cekuh (Bali), Kencur, Sukung (Minahasa); Asauli, sauleh, soul, umpa (Ambon), Cekir (Sumba).

Kencur adalah salah satu jenis tanaman obat, tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan, tanaman yang diperkirakan berasal dari india ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat kencur untuk kesehatan :
1.      Memperlancar haid
2 rimpang kencur di cincang kemudian di campur dengan 1 lembar daun trengguli, 1 biji cengkeh kering, adas secukupnya. Semua bahan tersebut direbus dalam 3 gelas air sampai jadi 2 gelas, kemudia saring diminum 2cangkir sekaligus 1 kali setiap hari

2.      Mata pegal
Belah 1 rimpang kencur menjadi 2 bagian, bagian yang masih basah di oles oleskan ke pelupuk mata.

3.      Membersihkan darah kotor
4 rimpang kencur di cincang kemudian di campur dengan 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering, adas secukupnya. Semua bahan tersebut direbus dalam 1 liter air sampai mendidih , kemudia saring diminum 2 kali sehari secara teratur

4.      Menurunkan berat badan
Bersihkan 2 rimpang kencur, kemudian parut dan ambil sarinya, tambahkan madu, minum secara teratur pagi dan malam.

5.      Obat alami sakit kepala
2-3 lembar daun kencur di tumbuk sampai halus, di oleskan ke pelipis dan dahi.

6.      Obat batuk
Parut 1 rimpang kencur lalu campur dengan 1 cangkir air hangat, kemudian di peras dandi saringtambahkan garam secukupnya diminum hangat 1-3 kali setiaphari. 

7.      Obat radang lambung
2 rimpang kencur di bersihkan lalu di kunyah dan di buang ampasnya, kemudian minum segelas air, lakukan secara rutin setiap hari.

8.      Diare
2 rimpang kencur di parut, tambahkan 1 cangkir air hangat dan garam secukupnya, di peras dan di saring oleskan pada perut sebagai kompres.

Demikian beberapa manfaat dari kencur, masih banyak lagi manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari tanaman yang satu ini. Mengingat tanaman ini sangat bermanfaat, sudah seharusnya tanaman ini ada dihalaman rumah anda. Sehingga bisa di manfaatkan setiap saat. Semoga artiel ini bermanfaat bagi pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar