Kamis, 16 Juni 2011

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan


Nama lain wortel : Carrot (Inggris), Carotte (Perancis), Bortel (Belanda); Wortel (Indonesia), Bortol (Sunda), Wortel, Ortel (Madura); Wortel, Wortol, Wertol, Wertel, Bortol (Jawa)

Wortel (Daucus carota) adalah tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel dapat di makan mentah atu dibuat sayur, atau di jadikan berbagi jenis makanan. Tanaman yang kaya akan vitamin A ini ternyata bisa juga dijadikan tanaman obat.

Beberapa khasiat wortel yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan adalah :
1.      Kejang Jantung
Bahan: umbi wortel, 2 sendok madu, dan 1 potong gula aren;
Cara membuat: wortel diparut dan diperas dengan 2 gelas air, kemudian  dioplos dengan bahan lainnya sampai merata, lalu diminum 1 kali sehari.

2.      Eksim
a.       Bahan:1 umbi wortel dan 1 sendok teh kapur sirih;
Cara membuat: wortel diparut dan dicarnpur dengan kapur sirih sampai merata, lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan dibalut dengan verban.
b.      Bahan: 3 umbi wortel;
Cara membuat: diparut dan disedu dengan 2 gelas air masak, lalu diminum 2 kali sehari.

3.      Cacing Kremi
Bahan: 5-7 umbi wortel, garam dan santan kelapa secukupnya;
Cara membuat: wortel diparut, kemudian ditambah dengan bahan lainnya, lalu diperas dan disaring, kemudian diminum menjelang tidur malam.

4.      Mata Minus
Bahan: umbi wortel secukupnya;
Cara membuat: diparut dan diperas untuk diambil airnya, lalu diminurn setiap pagi hari secara teratur.

Demikian beberapa khasiat dari wortel yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan di rumah. Semogaartikel ini bermanfaat bagi pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar