Selasa, 14 Juni 2011

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan


Nama lain dari bawang putih : Garlic (Inggris), Bawang Putih (Indonesia), Bawang (Jawa); Bawang Bodas (Sunda), Bawang handak (Lampung); Kasuna (Bali), Lasuna pute (Bugis), Bhabang pote (Madura); Bawa bodudo (Ternate), Kalfeo foleu (Timor).

Bawang putih merupakan bumbu dasar masakan Indonesia. Menurut penelitian ternyata bawang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur. Ternyata selain dipakai untuk bumbu masakan bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan.

Beberapa khasiat dari bawang putih antara lain :
1.      Hipertensi
Bahan: 3 siung bawang putih,
Cara membuat: bawang putih ditumbuk halus dan diperas dengan air secukupnya, Ialu disaring, lalu diminum secara teratur setiap hari.

2.      Asma, batuk dan masuk angin
Bahan: 3 siung bawang putih, 1 sendok makan madu dan gula batu secukupnya;
Cara membuat: bawang putih ditumbuk halus, kemudian dioplos bersama bahan lainnya sampai merata dan diperas/disaring, lalu diminum setiap pagi sampai sembuh.

3.      Sakit kepala
Bahan: umbi bawang putih;
Cara membuat: umbi bawang putih ditumbuk halus, lalu gunakan untuk kompres pada dahi.

4.      Sakit kuning, sesak nafas dan busung air
Bahan: 1 umbi bawang putih, 1 potong gula batu sebesar telur ayam
Cara membuat : umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih dan diaduk sampai merata, dan disaring, lalu diminum 2 kali sehari 2 sendok makan, pagi dan sore.

5.      Ambeien
Bahan : umbi bawang putih;
Cara membuat: umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian diperas untuk diambil airnya, lalu dioleskan di sekitar dubur setiap hari.

6.      Sembelit
Bahan: yoghurt bawang putih dan bawang merah secukupnya;
Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk halus, diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur sampai merata dan disaring, lalu diminum biasa.

7.      Luka memar karena tikaman atau pukulan
Bahan: bawang putih dan 1 sendok madu;
Cara membuat: bawang putih ditumbuk halus, kemudian diberi 1 sendok madu dan dicampur sampai merata, lalu dioleskan pada bagian yang luka.

8.      Luka kena benda tajam berkarat
Bahan: umbi bawang putih dan minyak kelapa secukupnya;
Cara membuat: umbi bawang putih dibakar, kemudian dicelupkan ke dalam minyak kelapa dan ditumbuk halus, lalu dioleskan pada bagian yang luka.

9.      Mempercepat matangnya bengkak abses
Bahan : umbi bawang putih;
Cara membuat: umbi bawang putih dipanasi dengan minyak cat, kemudian ditumbuk halus, lalu ditempelkan pada bagian yang bengkak.

10.  Sengatan serangga
Bahan: umbi bawang putih, sendowo dan garam secukupnya;
Cara membuat: umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian dicampur dengan bahan lainnya sampai merata, lalu dioleskan ada bagian tubuh yang disengat serangga.

11.  Mengusir cacing kremi dan cacing perut
Baban: beberapa siung bawang putih;
Cara membuat: dikupas dan dicuci bersih, lalu dimakan langsung.

12.  Sulit tidur (insomnia)
Bahan: beberapa siung bawang putih;
Cara membuat: dikupas dan dicuci bersih, lalu dimakan langsung sebelum tidur.

Demikian beberapa manfaat dari bawang putih yang bisa kita gunakan dan kita terapkan dalakehidupan sehari hari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pengunjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar