Selasa, 14 Juni 2011

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan


Nama lain dari belimbing : Belimbing manis (Indonesia), Belimbing manih (Minangkabau); Belimbing legi (Jawa), Belimbing amis (Sunda), ; Bhalimbing manes (Madura), Balirang (Bugis);

Belimbing (Averrhoa pentandra) Merupakan salah satu buah yang memiliki bentuk khas menyerupai bintang. Tanaman ini berasal dari Indonesia, Hindia, dan srilanka. Amun karena khasiatnya yang berlimpah buah yang menjadi aikon kota Depok Jawa barat ini kini di budidayakan di berbagai Negara diantaranya  Negara Negara Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Bahkan saat ini sudah dikembangkan di Amerika Serikat, Florida dan Hawai.

Suatu kebanggaan bagi Bangsa Indonesia sebagai salah satu Negara asal dari belimbing, namun sayangnya buah ini belum di manfaatkan secara maksimal di Negara asalnya. Dalam artikel ini saya ingin berbagi sedikit tentang khasiat dari buah belimbing. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi para pengunjung.

Beberapa penyakit yang bisa di sembuhkan oleh tanaman ini adalah :
1.      Jerawat
Ambil buah belimbing secukupnya, lalu cuci. Setelah itu tmbuk buah belimbing tersebut, peras bersama dengan air garam, lalu olesakan air perasan tersebut ke bagian wajah yang berjerawat. Lakukan selama 3 kali sehari.

2.      Gondongan
Ambil 10 ranting muda pohon belimbing, ambil bersama dengan daunnya, kemudian cuci dan tumbuk bersama dengan 4 butir bawang merah. Selanjutnya tmbuk hingga halus. Oleskan tumbukan tersebut ke daerah yang sakit.

3.      Batuk
Ambillah satu genggam bunga belimbing, kemudian beberapa butir adas, gula secukupnya. Dan satu cangkir air putih. Masukkan semua bahan ke dalam wadah, rebus hingga mendidih, kemudian angkat. Dinginkan, setelah dingin. Saring air hasil rebusan, dan di minum 2 kali sehari pagi dan malam.

4.      Batuk Rejan
Ambil 10 buah belimbing, cuci, kemudian tumbuk halus, peras dengan setengah sendok air garam. Minum perasan air tersebut secara teratur 2 kali sehari.

5.      Panu
Ambil 10 buah belimbing. Tumbuk bersama kapur sirih sebesar biji asam. Tumbuk hingga halus dan rata. Selanjutnya oleskan ramuan yang telah di buat ke bagian tubuh yang terkena panu.

6.      Sariawan
Ambil se genggam bunga beliming, kemudian rebus dalam secangkir air putih, tambahan gula jawa secukupya. Rebus hingga kental. Dinginkan, setelah dingin gunakan hasil rebusan untuk membersihkan mulut.

7.      Darah tinggi
Dua buah belimbing di parut kemudian di peras airnya sehingga menjadi satu gelas belimbing dan diminum setiap pagi.

Demikian beberapa khasiat dari buah belimbing, ternyata buah yang satu ini memiliki banyak manfaat ya..! Bagaimana apakah teman teman sudah memiliki pohon belimbing di rumah ? Demikian sedikit informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat..! amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar