Rabu, 15 Juni 2011

Manfaat Kenanga Untuk Kesehatan


Nama lain kenangan antara lain : Kenanga (Indonesia), Kenanga, Wangsa (Jawa); Kananga (Sunda), Sandat kananga, Sadat wangsa (Bali); Selanga (Aceh), Sandat (Sasak), Ngana-ngana (Nias); Lalangiran, amok, wungurer, pum-pum, luit (Minahasa)

Bunga kenanga sudah dikenal sejak lama. Para putri bangsawan gemar sekali memanfaatkan tanaman yang diduga berasal dari Asia Tenggara termasuk Indonesia. Karena baunya yang harum, ia dikenal pula sebagai pohon parfum. Selain dimanfaatkan untuk wewangian tanaman yang memiliki bunga berbentuk seperti bintang ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik dan tanaman obat.

Beberapa khasiat kenanga yang bisa kita manfatkan untuk kesehatan antara lain:
1.      Malaria dan Asma
Bahan: 3 kuntum bunga kenanga yang sudah dikeringkan.
Cara membuat: diseduh dengan 1 gelas air panas dan ditutup rapat, lalu disaring dan diminum secara teratur.

2.      Sesak Nafas
Bahan: ½ gemggam bunga kenanga dan 1 ½ sendok gula putih.
Cara membuat: direbus dengan 1 gelas air panas sampai mendidih hingga tinggal ½ gelas, kemudian disaring dan diminum; dilakukan secara rutin pagi-sore.

3.      Bronkhitis
Bahan: 2 kuntum bunga kenanga.
Cara membuat: direbus dengan 1 gelas air panas sampai mendidih hingga tinggal ½ gelas, lalu disaring dan diminum; dilakukan secara rutin pagi-sore.

4.      Jamu Sehat Setelah Melahirkan
Bahan: bunga kenanga yang masih muda, kayu rapet, pegatsih, kunci pepet, kunyit, jongrahab,  jalawe, dan jakeling.
Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk halus (dipipis), kemudian diseduh dengan air panas, lalu disaring dan diminum.

Demikian beberapa khasiat yang bisa kita manfaatkan untuk alternatif pengobatan di rumah. Jadi tidak ada salahnya bila tanaman yang berbau harum ini kita tanam di halaman kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar