Rabu, 15 Juni 2011

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan


Nama lain daun sirih : Betel (Perancis), Betel, Betelhe, Vitele (Portugal); Sirih (Indonesia), Suruh, Sedah (Jawa), Seureuh (Sunda); Ju jiang (China).

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia, tanaman yang merambat dan bersandar pada pohon lain ini telah di gunakan sebagai tanaman obat sejak dahulu kala, dari penelitian beberapa ahli ternyata minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Khasiat dari daun sirih diantaranya untuk :
1.      Diare
Untuk mengobati diare ambil 4 - 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa. Tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada bagian perut. Ulangi sampai sembuh

2.      Mimisan
Ambil satu lembar daun sirih gulung dan ditekan tekan agar keluar sedikit minyaknya. Setelah itu gunakan untuk menyumbat hidung yang mimisan.

3.      Sakit Gigi
Rebus daun sirih dalam dua gelas air. Rebus hingga mendidih. Setelah itu dinginkan air rebusan dan gunakan untuk kumur. Lakukan berulang ulang hingga rasa sakitnya hilang.

4.      Alergi
Untuk alergi ambil 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok minyak kayu putih. Lalu tumbuk semua bahan tersebut hingga rata. Hasil tumbukan di oleskan ke daerah yang gatal.

5.      Bronkhitis
Ambil 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu, daun sirih dirajang halus, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, lalu disaring. Air rebusan diminum 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.

6.      Keputihan
Untuk Keputihan ambil 7 - 10 lembar daun sirih, rebus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang.

Bagaimana temen teman, setelah mengetahui manfaat dari sirih berminat untuk menanam sirih di rumah ? tanaman ini sangat mudah tumbuh di alam tropis. Jadi manfaatkan lahan di sekitar kita untuk menanam sirih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar