Rabu, 15 Juni 2011

Manfaat Lengkuas (Alpinia Galanga) Untuk Kesehatan


Nama lain lengkuas : Greater galingale (Inggris), Lengkuas (Indonesia); Laos (Jawa), Laja (Sunda)

Lengkuas Yang dalam bahasa jawa di sebut dengan Laos ini sangat mudah tumbuh di bumi Indonesia. Banyak manfaat yang dapat diambil dari tanaman yang dalam bahasa sunda di sebut dengan Laja ini. Selain dimanfaatkan untuk bumbu masakan ternyata lengkuas bias juga dimanfaatkan dalam dunia kesehatan. Bagian dari lengkuas yang sering dimanfaatkan adalah bagian rimpang-nya.

Adpun beberapa manfaat dari lengkuas untuk kesehatan antara lain adalah :
1.      Obat Gosok Perut
Iris rimpang lengkuas, rendam dalam alkohol, gosokkan irisan rimpang tadi ke perut yang sakit

2.      Penyakit Kulit
Tumbuk halus 1 rimpang lengkuas dengan 4 bawang putih sampai jadi bubur. Oleskan/tempelkan di tempat yang sakit. Untuk kurap yang sudah menaun tambahkan ramuan tadi dengan cuka. Untuk panu ambil rimpang yang segar, lalu tumbuk hingga keluar seratnya, kemudian gosokkan kebagian kulit yang terkena panu.      

3.      Rematik
Cuci bersih rimpang lengkuas lalu rebus, kemudian gunakan air rebusan yang masih hangat untuk mandi

4.      Sakit Kepala, nyeri dada, dan menguatkan lambung
Campurkan rimpang lengkuas kedalam masakan sehari hari. Jangan lupa untuk menumbuk rimpang lengkuas hingga keluar serat, sehingga keluar sarinya.

Ternyata banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari lengkuas. Bagai mana, anda tertarik untuk menanam lengkuas di halaman rumah anda ? semoga artikel di atas bermanfaat bagi pengunjung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar