Rabu, 15 Juni 2011

Manfaat Kamboja Untuk Kesehatan


Nama lain kamboja : Kamboja (Indonesia), Semboja (Jawa), Bunga jebun (Bali); Samoja, Kamoja (Sunda), Bunga lomilate (Gorontalo); Campaka molja/bakul (Madura), Pandam (Minangkabau); Karasuti, Kolosusu, Tintis (Minahasa), Capaka kubu(Tidore)

Pohon kamboja adalah pohon yang berasal dari Amerika Tengah. Pohon ini berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal, pohon yang memiliki bunga berbau khas dan memiliki kelopak 4-6 buah ini di beberapa Negara di sangkut paut kan dengan kekuatan mistis, termasuk di Indonesia karena bunga yang satu ini sering hidup di areal pemakaman. Terlepas dari pohon ini memiliki kekuatan gaib atau tidak ternyata pohon ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Beberapa Khasiat dari pohon kamboja adalah :
1.      Kencing nanah (gonorhoe)
Bahan yang digunakan 1 Potong akar kamboja. Cara membuatnya adalah direbus dengan gelas air sampai mendidih. Sedangkan cara menggunakannya adalah diminum 1 kali sehari 1 cangkir.

2.      Patek
Bahan yang digunakan 2 Sirap kulit pohon. Cara membuatnya adalah ditumbuk halus dan direbus dengan 1 cerek air sampai mendidih. Sedangkan cara Menggunakannya adalah digunakan untuk mandi dan menggosok yang luka.

3.      Bengkak
Bahan yang digunakan 1 Sirap kulit kamboja. Cara membuatnya adalah ditumbuk halus dan direbus dengan 0,5 cerek air sampai mendidih. Sedangkan cara menggunakannya adalah digunakan untuk merendam bagian tubuh yang bengkak.

4.      Bisul
a.       Bahan yang digunakan daun tanaman dan minyak kelapa. Cara membuatnya adalah daun dilemaskan dan diolesi dengan minyak kelapa. Sedangkan cara menggunakannya adalah  ditempelkan pada bagian yang bisul
b.      Bahan yang digunakan Getah pohon. Cara membuatnya adalah ambil getah tanaman dari pohonnya. Sedangkan cara menggunakannya adalah oleskan pada bagian yang bisul.

Bagaimana, nda tertarik untuk menanam tanaman ini di rumah ? he..he...mungkin anda aka berfikir 2 kali karena ukuran tanaman ini yang cukup besar. Namun jangan khawatir, dengan ketrampilan yang bagus ternyata tanaman ini dapat di jadikan bonsai dengan ukuran mini yang indah. Tentunya tetap bermanfaat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar