Rabu, 15 Juni 2011

Manfaat Daun Salam (Syzygium polyanthum) Untuk Kesehatan


Nama lain dari salam : Gowok, (Sunda), manting (Jawa), kastolam (Kangean); Meselangan, ubar serai (Melayu),; Salam (Indonesia, Sunda, Jawa, Madura)

Salam adalah pohon penghasil daun rempah yang sering di gunakan untuk penyedap masakan. Selain sebagai bahan penyedap masakan ternyata daun dari pohon yang tumbuh merata di Asia tenggara ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Beberapa Khasiat dari daun salam adalah :
1.      Kencing manis (Diabetes Mellitus)
Untuk kencing manis, ambil dan cuci 7-15 lembar daun salam segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus. Lakukan sehari 2 kali. Ingat minum ramuan ini sebelum makan.
2.      Diare
Untuk menangani diare, ambil dan cuci 15 lembar daun salam segar. Rebus dalam dua gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus.
3.      Menurunkan Kolesterol Tingi
Daun salam juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, caranya ambil dan cuci 10-15 lembar daun salam segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus di malam hari. Lakukan setiap hari.

4.      Menurunkan Tekanan darah tinggi (Hipertensi)
Manfaat lain dari daun salam adalah menurunkan tekanan darah tinggi, caranya ambil dan cuci 7-10 lembar daun salam, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 2 kali, masing-masing setengah gelas.

5.      Maag
Untuk meredakan sakit maag ambil dan cuci bersih 15-20 lembar daun salam segar. Rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau secukupnya. Setelah dingin, minum airnya sebagai teh. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang.

6.      Kudis, Gatal gatal
Untuk pengobatan luar, cukup ambil daun, kulit, batang, atau akar salam seperlunya. Cuci bersih, lalu giling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ke tempat yang gatal, kemudian dibalut.

7.      Mabuk Alkohol
Ternyata buah salam juga ada manfaatnya. ambil dan cuci 1 genggam buah salam masak, lalu tumbuk sampai halus. Peras dan saring, air yang terkumpul diminum sekaligus

Ternyata daun salam yang tumbuh di sekitar kita ini memiliki banyak manfaat yang sangat luar biasa. Mulai dari penyakit yang ringan sampai dengan penyakit yang lumayan berat. Ayo kita budi dayakan tanaman salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar