Rabu, 15 Juni 2011

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan


Nama lain dari nanas : ekahauku (Enggano), anes (Aceh), nas (Gayo), henas, kenas, honas, hanas (Batak), gona (Nias), asit, nasit (Mentawai), enas, kanas, nanas (Melayu), aneh, naneh (Minangkabau), kanas, kanyas, nas, nyanyas (Lampung). Jawa: danas, ganas (Sunda), nanas (Jawa); lanas, nanas (Madura): Kalimantan: kanas, samblaka, malaka, uro usan, kayu usan, kayu ujan, belasan. Nusa Tenggara: manas (Bali), nanas (Sasak), aruma, fanda, pandal (Bima), panda (Sumba), nana (Sawu), peda, anana, pedang (Flores), parangena, nanasi (Taluud).Sulawesi: tuis mangandow, na'asi, nanasi, tuis, tuis ne walanda, busa, pinang (Ut.Alf.), nanati (Gorontalo), lalato (Buol), nanasi (Toraja), pandang (Makasar, Bugis), edan, ekam, hedan (Timor). esne (Kisar), ngewu (Tanimbar). Maluku: ai nasi, than baba-ba, kai nasi (Seram Timur), bangkalo, kampora, kanasoi (Seram Barat), anasu, banggala, bangkala, kai nasu, kambala, kampala (Seram selatan), arnasinu, kanasi, kurnasin, mangala, nanasi (Amb.Alf.), nanasu, anasul (Ulias). Irian Jaya: Manilmap, miniap. NAMA ASING: Pineapple (I), ananas (I;B;P;J), Pinya (Tag.). NAMA SIMPLISIA: Ananas Fructus (buah nanas).

Buah Nanas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Buah ini ternyata dapat hidup subur di Indonesia. Saat ini buah yang memiliki batang rendah dan daun yang panjang ini sudah dikembangkan di Indonesia secara intensif, hal ini dikarenakan dalam beberapa penelitian ternyata di ketahui bahwa buah nanas memiliki khasiat untuk pengobatan.

Dalam artikel ini saya akan menuliskan beberapa penyakit yang bias di tangani oleh buah Nanas. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh buah nanas
1.      Cacingan, Radang Tenggorokan, Beri beri, dan dapat di gunakan untuk menurunkan berat badan
Minum perasan jus Nanas secara teratur.

2.      Lika bakar, Gatal gatal, dan Bisul
Ambil beberapa lembar daun nanas. Kemudian cuci bersih. Selanjutnya tumbuk daun nanas sampai halus. Oleskan hasil tumbukan daun nanas tersebut ke daerah yang sakit.

3.      Kulit Bersisik
Ambil ½ buah nanas, lalu kupas kulitnya dan diparut, kemudian hasil parutan di gunakan untuk menggosok kulit yang bersisik. Lakukan pada malam hari sebelum tidur. Dan dicuci keesokan paginya.

4.      Ketombe
Ambil ¼ buah nanas yang masak. Kemudian kupas kulitnya. Selanjutnya buah nanas di parut dan di peras. Air hasil perasan di campur dengan air perasan jeruk nipis kemudian oleskan perasan air tersebut kekulit kepala yang berketombepada malamhari, sebelum tidur. Lalu cuci rambut pada keesokan paginya.

5.      Sembelit (Susah buang air besar)
Ambil 3 buah nanas yang belum matang benar. Ambillah air perasan ari buah tersebut. Dan minum air perasan buah tersebut.

Peringatan :
Buah nanas muda bersifat abortivum, atau penggugur kandungan, sehingga buah nanas muda tidak boleh di konsumsi oleh wanita hamil, namun karena sifatnya itu buah nanas muda dapat melancarkan haid pada wanita.

Bagi yang memiliki penyakit rematik dan kencing manis (Diabetes Mellitus) tidak boleh mengkonsumsi buah nanas secara berlebihan.

Tips untuk penggemar Nanas :
Bagi teman teman yang suka makan buah nanas namun tidak ingin merasa gatal pada lidah, sebelum di makan buah nanas yang sudah di kupas rendam dulu ke dalam air garam. Setelah itu cuci bersih dan baru di makan deh.....!
Ternyata Nanas memiliki banyak manfaat ya..! Ayo kita mulai tanam Nanas di kebun kita..! Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar