Kamis, 16 Juni 2011

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan


Nama lain lidah buaya : Lidah buaya (Indonesia), Crocodiles tongues (Inggris); Jadam (Malaysia), Salvila (Spanyol), Lu hui (Cina).

Lidah buaya merupakan 10 dari tanaman yang terlaris di dunia yang berpotensi untuk di kembangkan sebagai tanaman obat. Tanaman yang dapat tumbuh di kawasan kering seperti afrika ini sudah di kenal sejak dahulu kala. Biasanya orang memanfaatkan tanaman ini untik penyubur rambut, penyembuh luka dan perawatan kulit. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Beberapa khasiat dari lidah buaya yang bias kita manfaatkan di rumah adalah :
1.      Untuk Sembelit
Caranya : tinggal Anda cuci bersih setengah lembar lidah buaya , tidak lupa buang durinya, lalu  bagian dagingnya dicincang. Tambahkan setengah gelas air panas dan satu sendok makan madu, aduk lalu saring, makan campuran tersebut 2 X sehari dengan dosis yang sama saat masih hangat.

2.      Untuk  luka dalam dan luka lebam
Caranya : dengan merebus 10-15 g bunga lidah buaya dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas, saring air rebusan lalu minum 3 X sehari masing-masing 1 ½ gelas.

3.      Untuk batuk rejan
Caranya: tinggal Anda rebus 15-18 cm daun lidah buaya yang telah dibuang kulit dan durinya, tambahkan gula, lalu minum air rebusannya.

4.      Rematik
10-15 gr lidah buaya kering / 90-100 gr direbus, diminum 2-3 kali/hari 

5.      Luka bakar
Caranya : dengan mencuci bersih daun lidah buaya, buang pangkal daunya, lalu buka kulit dalamnya, setelah itu tinggal dioleskan bagian daun yang berlendir pada luka sampai lendirnya menutupi seluruh bagian luka.
Ulangi pengolesan setiap lender terlihat mongering atau ½ jam sekali. Lakukan pengobatan secara continue sampai peradangan karena panas pada kulit menghilang.

6.      Kencing manis
Caranya : dengan mencuci bersih 1 lembar lidah buaya dan buang durinya, kemudian potong-potong bagian dalam daun, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas, minum air rebusan 3 X sehari masing-masing ½ gelas.

7.      Wasir
Caranya: dengan mencuci bersih ½ lembar lidah buaya yang sudah dibuang durinya, lalu parut dan tambahkan ½ gelas air matang dan 2 sendok makan madu, aduk, dan saring airnya setelah itu tinggal diminum 3 X sehari.

Ternyata banyak juga manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman yang kaya dengan air ini, tidak ada salahnya bila tanaman ini ada dihalaman rumah kita. Ukurannya yang kecil dan tidak memerlukan perawatan khusus membuat tanaman ini mudah hidup di mana saja. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar