Rabu, 15 Juni 2011

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan


Nama lain dari Jahe : halia (Aceh), beeuing (Gayo), bahing (Batak Karo), sipodeh (Minangkabau), jahi (Lampung), jahe (Sunda), jae (Jawa dan Bali), jhai (Madura), melito (Gorontalo), geraka (Ternate),

Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat di kenal sebagai bumbu masakan atau juga untuk pengobatan, tanaman yang diperkirakan dari daerah india ini memiliki rasa yang khas yaitu pedas, tanaman yang hanya bias hidup di iklim katulistiwa ini ternyata memiliki manfaat yang besar untuk pengobatan. Diantara jenis jahe yang sangat di kenal oleh masyarakat untuk pengobatan adalah Jahe merah.

Beberapa khasiat jahe merah antara lain :
1.      Lemah sahwat/Impotensi
Ambil 2 rimpang jahe sebesar ibu jari, kemudian cuci dan di parut, tambahkan segelas air masak lal peras. Kemudian masukkan air dari 1 buah jeruk nipis, tambah dengan satu kuning ayam kampung, beri 1 sendok teh bubuk kopi, tambahkan 1 sendok makan madu dan sedikit bubuk merica. Aduk semua bahan jadi satu sampai merata dan minum seminggu sekali.

2.      Pegel-pegel
Ambil 2 rimpang jahe sebesar ibu jari, cuci bersih, lalu bakar dan kuliti, kemudian tumbuk jangan sampai hancur (cukup memarkan saja) lalu rebus bersama dengan 2 gelas susu segar. Minum susu jahe 2 kali sehari, pagi dan sore, masing masing satu gelas.

3.      Batuk
Ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, cuci bersih, dan rebus dengan 2 gelas air, lalu didihkan hingga tinggal 1 gelas, air rebusan jahe tersebut di minum 2 kali pagi dan sore.

4.      Kepala pusing
Ambil 3 rimpang jahe merah sebesar ibu jari, cuci bersih, bakar, kemudian memarkan, lalu seduh dengan 1 gelas air tambahan sedikit madu minum satu gelas sekaligus.

5.      Membentuk payudara
Masukkan 2 ruas jahe segar yang telah di kupas kulitnya kedalam segelas susu murni yang panas, tambahkan 1 sendok teh gula. Minum menjelang tidur setiaphari.

6.      Vitiligo (Bercak putih pada kulit karena kekurangan pigmen)
Lembutkan 30 gr jahe , kemudian balurkan pada daerah yang menderita vitiligo.

7.      Mengatasi cacing gelang
Cuci bersih 60 gr jahe segar, lumatkan, lalu campur dengan segelas air,  lalu saring dan tambahkan satu sendok makan madu, minum 3 kali sehari.

8.      Rematik
Buka 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, lalu cuci dan parut, tempelkan parutan jahe di daerah yang terkena rematik.

9.      Masuk angin
Memarkan 3 rimpang jahe sebesar ibu jari dan memarkan. Masukkan kedalam 2 gelas air bersih dan tambahkan sedikit gula aren. Didihkan hingga airnya tinggal separuh. Saring dan minum ketika masih hangat, lakukan 2 kali sehari.

10.  Asma
15 gr jahe, 200 gr lobak, dan 2 sendok makan madu, semua bahan dicuci bersih lalu di blender dan ditambahkan madu, aduk hingga merata dan dapat segera diminum, cara memakai dapat diminum 2x sehari secara teratur. 

11.  Sakit pingang
Cuci dan parut 3 rimpang jahe, campur dengan asam jawa sampai merata. Oleskan pada pinggang yang sakit

Ternyata begitu banyak manfaat yang bisa di ambil dari tanaman yang satu ini. Anda bisa mulai menanam tanaman ini dihalaman rumah. Karena tanaman ini sangat mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pengunjung.

3 komentar:

  1. Makasih infonya, untuk info lebih lanjut tentang khasiat jahe untuk mengobati beberapa penyakit ringan seperti,
    pusing
    encok
    batuk
    mencret

    silahkan kunjungi blog saya rumputeki.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Makasih udah berkunjung dan koment nya mas Bro....! semoga bermanfaat...!

    BalasHapus
  3. Evynafood menjual berbagai macam minuman tradisional dengan bahan-bahan alami, salah satunya X'TRAGIN Jahe Merah yang rasanya lezat dan juga menyehatkan.

    Produk ini dapat anda beli di Farmers, Naga, Superindo, Carrefour, Indomaret.

    Ayo kunjungi website kami evynafood.blogspot.com ataupun facebook kami https://www.facebook.com/pages/Evynafood/330241587060566.

    Terimakasih =D

    BalasHapus