Rabu, 15 Juni 2011

Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan


Nama lain dari bunga melati : Jasmine (Inggris), Jasmin (Perancis), Yasmin (Arab); Melati (Indonesia), Melur (Jawa), Malati (Sunda); Malate (Madura), Menuh (Bali);

Melati merupakan tanaman bunga hias yang berbatang tegak. Bunga ini sangat di minati karena baunya yang harum dan warnanya yang putih bersih. Bunga yang biasa di gunakan sebagai hiasan rambut pada pengantin di beberapa daerah Indonesia ini selain di manfaatkan sebagai parfum, juga di gunakan sebagai pewangi teh. Selain manfaatnya yang melimpah itu ternyata Melati memiliki manfaat pula di dunia kesehatan.

Beberapa khasiat Melati antara lain :
1.      Sakit mata
Untuk iritasi ringan dan mata merah ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru. Ulangi sampai sembuh.

2.      Bengkak akibat sengatan lebah
Ambil 1 genggam bunga melati, remas-remas sampai halus, kemudian tempelkan pada bagian yang tersengat lebah

3.      Mengurangi Asi yang keluar berlebihan
Ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi

4.      Demam dan sakit kepala
Ambil 1 genggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Campur semua bahan, remas-remas dengan tangan, kemudian direndam dengan air dalam rantang. Cara menggunakannya, air rendaman ini digunakan untuk kompres dahi.

5.      Demam berdarah
Rebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram belimbing dalam 250 ml air hingga menjadi 1 gelas air saja. Setelah dingin, saring dan minumkan pada penderita demam berdarah. Lakukan 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari.

Ternyata bunga yang di jadikan puspa bangsa symbol nasional ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa di bidang kesehatan. Apakah di halaman rumah anda sudah ada tanaman bunga kecil putih yang harum ini ? Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi pengunjung.

1 komentar: