Selasa, 14 Juni 2011

Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan


Nama lain brotowali : Antawali, bratawali, putrawali, daun gadel (Jawa); Andawali (Sunda), Antawali (Bali); Shen jin teng (China).

Brotowali merupakan Tumbuhan liar di hutan, ladang atau ditanam dihalaman dekat pagar. Biasa ditanam sebagai tumbuhan obat. Tanaman yang memiliki daun tunggal berbentuk seperti jantung ini memiliki rasa yang sangat pahit. Namun demikian tanaman ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan.

Beberapa khasiat Brotowali adalah :
1.      Rheumatik :
1 jari batang brotowali dicuci dan potong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 1/2 gelas.  Setelah dingin disaring, ditambah madu secukupnya, minum.  Anda bisa meminumnya sehari 3 x 1/2 gelas.

2.      Demam kuning (icteric) :
1 jari batang tanaman dicuci dan potong-potong, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 1/2 gelas. Diminum dengan madu secukupnya. Anda bisa minum sehari 2 x 3/4 gelas

3.      Demam :
2 jari batang brotowali direbus dengan 2 gelas air, sampai menjadi 1 gelas. Setelah dingin, diminum dengan madu secukupnya. Anda bisa minum sehari 2x1/2 gelas.

4.      Kencing manis :
1/3 genggam daun sambiloto, 1/3 genggam daun kumis kucing, 3/4 jari ± 6 cm batang tanaman dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 2 gelas. Diminum setelah makan, sehari 2 X 1 gelas.

5.      Kudis (scabies) :
3  jari batang brotowali, belerang sebesar kemiri, dicuci dan ditumbuk halus, diremas dengan minyak kelapa seperlunya. Dipakai untuk melumas kulit yang terserang kudis sebanyak sehari 2 x.

6.      Luka :
Daun tanaman ditumbuk halus, letakkan pada luka, diganti 2 x perhari.  Untuk mencuci luka, dipakai air rebusan batang tanaman.

Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapat dari tanaman yang satu ini, bila teman teman penggemar rasa pahit, ada baiknya temen teman mencoba tanaman yang satu ini. Teman teman pasti bakal ketagihan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pengunjung.

3 komentar:

  1. Yang butuh bibit atau simplisia brotowali bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia. @Trims Prabowo JOgja

    BalasHapus
  2. bagi rekan semua yang membutuhkan brotowali kering (simplisia), brotowali bubuk (powder) serta bahan baku herbal/jamu lainnya seperti daun insulin, jahe, kencur, kulit manggis, daun dewa dan lain-lain bisa hubungi Herbadream di 085702118190. terima kasih

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus