Kamis, 16 Juni 2011

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan


Nama lain seledri : celery (Inggris), Celeri (Perancis), Seleri (Italia); Selinon, Parsley (Jerman), Seledri (Indonesia); Sledri (Jawa), Saledri (Sunda)

Seledri (Apium graveolens) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Tanaman yang memiliki tinggi kurang dari 1 meter ini telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu di Eropa sebagai unsur pengobatan dan penyedap masakan. tanaman ini pada zaman romawi dikenal sebagai sayuran penyejuk perut. Saat ini seledri selain dijadikan pelengkap makanan juga bisa kita manfaatkan sebagai tanaman obat.

Beberapa khasiat dari seledri untuk kesehatan antaralain:
1.      Hipertensi
Bahan: daun seledri secukupnya
Cara membuat: diperas dengan air masak secukupnya kemudian disaring, diminum 3 kali sehari 2 sendok makan, dan dilakukan secara teratur.
Catatan : penggunaan berlebihan berbahaya!

2.      Mata kering
Bahan: 2 tangkai daun seledri, 2 tangkai daun bayam, 1 tangkai daun kemangi.
Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk bersama kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas dan disaring, lalu di minum biasa.

3.      Reumatik
Bahan: 1 tangkai daun seledri, dan dimakan sebagai lalapan setiap kali makan.

Demikian beberapa khasiat seledri yang dapat kita manfaatkan untuk kesehatan, tidak ada salahnya kita menanam tanaman ini di halaman kita. Semoga artikel ini bemanfaat untuk pengunjung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar