Rabu, 15 Juni 2011

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan


Nama lain kunyit : Saffron (Inggris), Kurkuma (Belanda), Kunyit (Indonesia); Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura)

Kunyit merupakan tanaman rempah obat yang berasal dari asia tenggara, tanaman yang memiliki warna dan bau khas ini sering di konsumsi oleh orang di asia dan afrika, baik sebagai bahan obat atau pun sebagai bumbu masakan. Ternyata tanaman yang banyak hidup di iklim tropis ini memiliki banyak manfaat.

Berikut ini beberapa khasiat kunyit untuk kesehatan antaralain :
1.      Melancarkan ASI
Tumbuk 1 rimpang kunyit sampai halus, dan di balurkan di payudara sekali setiap 2 hari, terutama saat awal menyusui.

2.      Melancarkan Haid
Tmbuk hingga halus 2 rimpang kunyit, ½ sendok teh ketumbar, ½ sendok teh biji pala dan daun sarigading secukupnya, lalu rbus hasil tumbukan dalam 1 liter air sampai mendidih, saring dan dinginkan. Kemudian minum 1 gelas sehari.

3.      Nyeri Haid
Cuci 1 rimpang kunyit, 1 rimpang jahe, dan 2 rimpang kencur. Lalu parut semuanya, dan ambil airnya, lalu tambahkan perasan jeruk nipis, seduh dengan ½ gelas air panas, tambahkan gula dan garam secukupnya. Minum pada hari pertama haid

4.      Kencing manis (diabetes mallitus)
3 rimpang kunyit ditambah ½ sendok teh garam di rebus dalam 1 liter air sampai mendidih, kemudian saring dan dinginkan. Minum rebusan ini ½ gelas 2 kali seminggu.

5.      Tifus
Tumbuk halus 2 rimpang kunyit bersama dengan 1 bonggol sere dan 1 lembar daun sambiloto, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 gelas air hangat, aduk sampairata kemudian disaring. Minum 1 kali setiaphari selama 1 minggu.

6.      Usus buntu (apendicitis)
Parut 1 rimpang kunyit tambahkan perasan jeruk nipis 1 buahtambahkan gula aren dan garam secukupnya, lalu seduh dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Diminum sampai sembuh.

7.      Disenteri
Rebus 1-2 rimpang kunyir tambahkan gambir dan kapur sirih secukupnya dalam 2 gelas air, rebus hingga tinggal 1 gelas, lalu saring dan minum sampai sembuh.

8.      Keputihan
2 rimpang kunyit, 1 genggqm daun beluntas, 1 gagang buah asam, dan gula aren secukupnya rebus dalam 1 liter air sampai mendidih, saring dan dinginkan. Minum 1 gelas setiap hari

9.      Amandel
Parut 1 rimpang kunyit tambahkan air perasan jeruk nipis 1 buah, tambahkan 2 sendokmakan madu. Masukkan kedalam ½ gelas air jangat, aduk hingga rata lalu disaring. Minum secara rutin 2 kali sehari.

Demikian beberapa manfat kunyit untuk kesehatan kita, masih banyak lagi manfaat kunyit yang lain dalam kehidupan kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar