Rabu, 15 Juni 2011

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan.


Nama lain Jambu biji : Psidium guajava (Inggris/Belanda), Jambu Biji (Indonesia); Jambu klutuk, Bayawas, tetokal, Tokal (Jawa); Jambu klutuk, Jambu Batu (Sunda), Jambu bender (Madura); 

Jambu Biji adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Buah yang satu ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai herbal pengobatan selain dikomsumsi langsung dengan rasa yang lezat. Tanaman yang yang buahnya berbentuk bulat ini, oleh pakar kesehatan sangat di anjurkan untuk di konsumsi karena buah ini memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap. Selain di konsumsi secara langsung ternyata jambu biji juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Beberapa khasiat dari jambu biji adalah :
1.      Diabetes mellitus
Bahan: 1 buah jambu biji setengah masak
Cara membuat: buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore

2.      Maag
Bahan: 8 lembar daun jambu biji yang masih segar.
Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya, diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.

3.      Diare
Bahan: 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya
Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya, diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

4.      Masuk Angin
Bahan: 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya, diminum 2 kali sehari.

5.      Beser (sering kencing berlebihan)
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa).
Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring, diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.

6.      Sariawan
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji.
Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya, diminum 2 kali sehari.

7.      Sakit kulit
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji.
Cara membuat: ditumbuk bersama-sama sampai halus, untuk menggosok bagian kulit yang sakit.

8.      Untuk luka baru
Bahan: 3 pucuk daun jambu biji.
Cara membuat: dikunyah sampai lembut, ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengelurkan darah terus menerus.

Ternyata selain rasanya yang lezat Jambu biji memiliki manfaat lain yang sangat berguna. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar