Rabu, 15 Juni 2011

Manfaat Jambu Monyet Untuk Kesehatan


Nama lain jambu monyet : ashew (Inggris), Jambu Moyet, Jamu mente (Indonesia); Jambu mete (Jawa), Jambu mede (Sunda), Gaju (Lampung)

Jambu monyet atau jambu mede (Anacardium occidentale) adalah tanaman yang berasal dari Brasil dan memiliki "buah" yang dapat dimakan. Tanaman ini dikembangkan terutama untuk dipungut buah sejatinya, yakni bagian lunak yang membengkak berwarna kuning atau merah. Buah sesungguhnya adalah bagian "monyet" nya yang keras, coklat kehitaman berisi biji yang dapat diolah menjadi makanan; yakni kacang mete yang .Secara tradisional kacang ini biasanya digoreng sebagai makanan ringan teman minum teh atau kopi; sedangkan secara modern kini umum dijumpai sebagai pengisi dan penghias panganan semacam coklat dan kue-kuean. Selain dari sekian banyak manfaat dari tanaman ini ternyata tanaman ini juga memiliki manfaat di bidang kesehatan.

Beberapa Khasiat dari jambu monyet yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan antaralain :
1.      Diabetes mellitus
Bahan: 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras secukupnya.
Cara Membuat: Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya., lalu diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

2.      Disentri
Bahan: 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang jambu monyet.
Cara Membuat: Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 ½ liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya, lalu diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

3.      Radang mulut
Bahan: 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang jambu monyet.
Cara Membuat: Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. lalu diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Demikian beberapa khasiat dari jambu monyet yang bisa kita manfaatkan untuk pengobatan, cukup mudah, murah, dan tentunya alami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar