Kamis, 16 Juni 2011

Manfaat Tanaman Sosor Bebek (Kalanchoe pinnata Pers)Untuk Kesehatan


Nama lain sosor bebek : Buntiris, Jampe, Jukut kawasa, tere, ceker itik (Sunda); Suru bebek, sosor bebek, teres, tuju dengen (Jawa),; Didingin beueu (Aceh), Mamala (Halmahera), Rau kufiri (Ternate); Kabi-kabi (Tidore), dau ancar bebek, daun ghemet (Madura); Lou di sheng gen (China).

Sosor bebek, tanaman hias yang memiliki daun tebal ini selain mengandung banyak air, ternyata juga mengandung banyak mineral yang baik untuk kesehatan, ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa daun dari sosor bebek ini mengandung zat yang dapat menghalangi pertumbuhan kanker. Di Bahama tanaman ini dimanfaatkan diolah menjadi teh untuk mengobati Asma.

Beberapa khasiat dari tanaman sosor bebek antara lain :
1.      Untuk Luka
Daun sosor bebek secukupnya diparut atau ditumbuk. Tambahkan sedikit air dan balurkan pada bagian tubuh yang mengalami luka. Ganti setiap tiga jam sekali.

2.      Menurunkan Demam
Lumatkan daun sosor bebek, lalu balurkan pada dahi. Gunakan dua kali sehari.

3.      Amandel
Lumatkan 5-10 daun sosor bebek. Ambil airnya dan gunakan sebagai obat kumur.

4.      Bisul atau Memar
Hancurkan 30-60 gram daun sosor bebek kemudian peras. Tambahkan madu dan diminum. Sisa daun ditempelkan pada bagian yang sakit.

5.      Radang Telinga Luar
Lumatkan 5-10 daun sosor bebek, peras. Airnya digunakan sebagai obat tetes telinga.

6.      Untuk Perut Mules
Beberapa helai daun dadap serep ditumbuk dengan beberapa lembar daun sosor bebek. Beri sedikit air. Kemudian balurkan ramuan tersebut pada perut.

Demikian sedikit informasi tentang tanaman hias sosor bebek yang ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan, cara perawatan tanaman yang cukup mudah membuat tanaman ini digemari untuk di pelihara di halaman rumah. Apakah di halaman rumah anda sudah ada tanaman sosor bebek ? Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar