Kamis, 16 Juni 2011

Manfaat Putri Malu (Kumis Kucing) Untuk Kesehatan


Nama lain putri malu : Putri malu, kumis kucing, si kejut, rebah bangun, akan kaget; Han xiu cao (China)

Putri malu atau Mimosa pudica adalah perdu pendek yang mudah dikenal karena daun-daunnya yang dapat secara cepat menutup/"layu" dengan sendirinya saat disentuh. Ternyata tanaman yang sering tumbuh di pinggir jalan, atau di tanah lapang ini memiliki khasiat yang luar biasa.

Beberapa khasiat putri malu yang bisa dimanfaatkan di rumah adalah :
1.      Insomnia :
Daun Putri malu 30 - 60 gr., direbus. Minum.     
   
2.      Bronkitis kronis :
Akar putri malu 60 gr. dan air 600 cc, direbus dengan api kecil menjadi 200 cc, dibagi  2 kali minum. 10 hari adalah 1 kuur.

3.      Batuk dengan dahak banyak:.
Tanaman ini juga berkhasiat untuk yang sedang batuk apalagi yang banyak dahaknya. Caranya rebus akar putri malu sebanyak 10-15 gram lalu airnya diminum.

4.      Rheumatik:
15 gr akar putri malu direndam dalam arak  putih 500 cc selama 2 minggu. Kemudian ditempelkan di tempat yang sakit.

5.      Asam Urat
Daun kumis kucing 60-90 gram CARANYA : Cuci dahulu lalu rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas.Setelah dingin, air disaring dan diminum 2x sehari, masing – masing ½ gelas

6.      Hepatitis
Putri malu ini mengandung tanin, mimosin, dan asam pipekolinat dan berkhasiat untuk mencegah dan mengobati hepatitis. Caranya dengan merebus putri malu sebanyak 10 gram dengan air 200 cc sampai mendidih selama 15 menit. Hasil rebusan diminum rutin.

Perhatian tanaman ini sangat berbahaya bagi ibu hamil, jadi untuk ibu hamil tidak di sarankan untuk mengkonsumsi putri malu.

Demikian sedikit manfaat yang bisa kita peroleh dari tanaman putri malu, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita peroleh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pengunjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar